Sudah lama saya tidak keliling blog alias blogswalking, kebetulan kali ini saya mendapatkan artikel menarik mengenai belajar seo untuk pemula, kali ini artikel yang saya temukan dari mas Andieq Arif, membahas mengenai Teknik Dasar SEO Untuk Pemula, nach disini akan saya kutip ulang artikelnya mengenai teknik master seo yang bisa anda gunakan untuk monetize blog.

11 Strategi dasar SEO yang baik, menurut mas Andieq Arif merupakan optimalisasi rangkaian point penting dibawah ini. langkah tersebut merupakan langkah efektif dalam mempelajari SEO lebih mendalam.

Berikut adalah 11 Teknik Dasar SEO Untuk Pemula.
1. Page title tag
Page title tag adalah title yang terdapat di paling atas monitor anda bagian kiri yang berbentuk bar berwarna biru. Strategi SEO terbaik mengenai Page title tag adalah menempatkan 2 keyword anda di dalam nya, dan di batasi oleh tanda seperti koma, atau tanda bar seperti |.

Contoh: Bisnis Indonesia | Internet Marketing

2. Domain name
Untuk domain name, strategi terbaik adalah dengan menggunakan keyword utama anda dalam memilih nama untuk domain anda (jika memungkinkan dan masih tersedia).

Contoh: www.myinternetmarketing.com

Atau anda bisa menggunakan cara seperti ini:

www.namadomain.com/internetmarketing

Biasa nya jika kita menggunakan cara pertama, tidak semua nama domain dengan keyword masih tersedia. Maka kita bisa menggunakan alternatif kedua. Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan suatu domain name yang unik dan mudah diingat, seperti teknisoft dengan www.teknisoft.co.id. Namun untuk alternatif ketiga ini, kita harus menampilkan sesuatu yang berbeda, unik dan sesuai dengan fokus utama web situs kita.

3. Meta tag
Meta tag adalah keyword yang kita masukkan ke dalam tubuh website kita.Jika kita menggunakan blogspot, kita bisa memasukkan keyword dengan masuk ke menu edit hmtl.

Untuk meta description tag, yang terbaik dalam SEO adalah menggunakan kata sebanyak 150 kata.

4. Header tag
Hampir sama dengan meta tag, header tag biasanya ditandai dengan tulisan h1,h2,h3,dst….
Isilah h1 dengan primary keyword anda,untuk h2 dan h3,isi dengan secondary keyword anda.Ini sangat penting untuk pencarian search engine terhadap situs anda.

5. Alternatif image tag
Setiap anda memasukkan gambar ke dalam artikel anda, maka jika anda merubahnya kedalam mode html, maka anda akan melihat kode seperti ini “Alt”. Maka isilah keyword anda di antara tanda kutip tersebut. Ini bisa membantu menaikkan peringkat anda di search engine dengan keyword yang anda tuju.

6. Content Formatting
Dalam penulisan konten, maka setiap kali anda menuliskan keyword anda di dalam artikel anda, maka sebaiknya anda beri tanda khusus, seperti cetak miring, underline, atau bold. Dari sekian banyak tanda khusus, yang terbaik adalah dengan mem-bold keyword dalam artikel yang anda tulis.

7. Keyword Destiny
Keyword destiny adalah banyaknya keyword yang tertulis di dalam konten yang anda buat. Jika anda menulis sebuah artikel, maka yang terbaik adalah keyword anda disisipkan sebanyak 3-7% dari jumlah banyaknya kata dalam artikel anda.

8. Anchor text
Anchor text adalah text yang berisi link yang menghubungkan dengan halaman lain. Jika anda ingin membuat anchor text, maka sebaiknya jangan hanya menuliskan DISINI tapi anda bisa menuliskan klik disini. Akan lebih baik, spesifik anchor text itu mewakili konten link yang kita hubungkan.

9. Inbound link
Inbound link adalah banyaknya link kita di situs lain. Ada beberapa cara untuk mendapatkan link, diantara nya yang paling populer adalah dengan tukeran link. Cara yang terbaik adalah dengan one way link. Jadi hanya link kita yang berada di situs mereka.

Cara yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan link adalah:

– dengan mensubmit situs anda ke web directories
– dengan mensubmit artikel anda ke article directories
– membeli link

10. Content is a king
Hampir 70% posisi situs kita di search engine di pengaruhi oleh konten atau artikel. Makin sering kita mengupdate situs kita, makin baik pula posisi kita di search engine.

Search engine sangat menyukai artikel yang fresh dan original. Maka jika anda ingin posisi situs anda bagus, sering-seringlah mengupdate situs anda, paling tidak 3 hari sekali anda isi dengan artikel baru.

11. Sitemap
Sitemap adalah kumpulan seluruh navigasi menu situs anda, biasanya ditulis dengan menu drop down, atau dengan menu dtree. Sitemap bisa mempermudah spider untuk mendeteksi situs anda.

Tools yang populer digunakan untuk membuat sitemap adalah: XML Sitemaps

Bahasan uraian ke 11 point diatas ternyata benar-benar layak kita kedepankan untuk mengoptimalkan SERP situs kita pada search engine. Walaupun masih banyak unsur-unsur SEO yang lainnya, dengan 11 point itu dengan satu tahapan pastinya akan menambah wawasan kita semua.

11 Teknik Dasar SEO Untuk Pemula

7 gagasan untuk “11 Teknik Dasar SEO Untuk Pemula

  • 8 November 2018 pukul 10:20 am
    Permalink

    ajib dah artikelnya mantap pak…
    hatur nuhun…cocok buat saya yang baru belajar curat coret di blog

    Balas
  • 25 Maret 2011 pukul 10:02 am
    Permalink

    wah bermanfaat sekali artikel ini,,,makasih gan…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *